Rincian Lengkap Teknik Mancing Dengan Layang-Layang

Teknik Mancing Dengan Layang-Layang : Anda punya hobi memancing? Pastinya anda sudah tahu beberapa banyak teknik mancing yang biasa dipakai para angler (pemancing) buat memancing di air tawar maupun di laut. Teknik-teknik ini digunakan sesuai dengan kondisi saat memancing dan jenis ikan apa yang akan menjadi target. Buat yang memancing di laut banyak teknik yang bisa digunakan dan salah satunya yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu teknik mancing yang unik dengan menggunakan layang-layang.

Bagaimana bisa? Layang-layang kan di udara, sedangkan ikannya di dalam laut?
Bagi yang belum tahu, selain buat mainan, layang-layang memang sering juga dipakai buat menangkap ikan di laut terutama ikan-ikan besar yang biasa hidup di permukaan air atau yang disebut dengan ikan pelagis. Teknik mancing yang satu ini memang jarang digunakan karena terasa lebih sulit dan repot. Akan tetapi bagi angler yang suka dengan tantangan, sangat menggemari teknik ini karena seru dan bisa menghadirkan sensasi berbeda saat memancing.

Mancing Dengan Layang-Layang

Salah satu kelebihan teknik mancing dengan layang-layang (kite fishing) yaitu umpan bisa diarahkan sampai jarak yang cukup jauh dari pemancing, sehingga teknik ini bisa digunakan pada spot-spot mana saja, entah itu di tengah laut dengan menggunakan kapal, bahkan bisa juga dari pinggiran pantai dengan kecepatan angin 10-15 knot. Selain itu, disini juga si pemancing bisa mendapatkan dua hiburan sekaligus yaitu memancing dan bermain layangan. Seru bukan?

Bukan cuma seru saja, namun bisa dipastikan semua masalah dalam kehidupan akan terlupakan saat sedang memancing dengan teknik ini. Sehingga itu, bagi anda yang biasa memilih aktifitas memancing untuk menghilangkan stres karena urusan-urusan pekerjaan atau apapun itu, cobalah menggunakan teknik memancing yang anti-mainstream ini.

Persiapan Alat Pancing Menggunakan Layang-Layang
Sebelum kita akan memancing dengan teknik menggunakan layang-layang, ada baiknya kita tahu dulu cara merangkai peralatannya sebagai persiapan. Berikut adalah cara merangkai alat pancing layangan dengan hanya satu set piranti:

Alat dan bahan yang disiapkan :
  • Joran teleskopik dengan panjang  4 – 5 meter,
  • Spinning reel
  • Leader dengan ukuran 60 – 80 lbs
  • Layang-layang
  • Mata kail
  • Umpan (sebaiknya menggunakan umpan hidup)
  • Benang

Cara merangkai :
  • Siapkan layangan dengan ukuran bambu yang berbeda-beda mulai dari 10-30 cm, gunakan layangan sesuai dengan kecepatan angin, jika semakin kencang kecepatan angin maka gunakan layangan yang lebih kecil.  
  • Pasang leader dengan mengikatnya pada bagian ujung bawah bambu layangan seperti memasang ekor layangan.
  • Pada leader pasang umpan dan mata kail, buat simpul bebas dimana umpan melingkar pada simpul untuk menjerat ikan berparuh panjang.
  • Panjang leader diusakahan tidak lebih dari panjang joran agar tidak sulit mengambil ikan pada saat strike.

Di atas adalah cara merangkai alat pancing layangan dengan hanya satu set piranti. Selain itu ada juga alat pancing menggunakan layangan dengan dua set piranti dimana rangkaian pertama digunakan untuk layangan sementara rangkaian kedua untuk umpan dan mata kail. Kedua rangkaian piranti ini dihubungkan menggunakan preesure release clip, yang dipasang di setiap interval 10-15 meter pada tali layangan dan dihubungkan ke tali pancing.

Teknik Mancing Dengan Layangan

Pressure release clip adalah sebuah alat yang biasa digunakan  pada outrigger atau downrigger di kapal dan banyak dijual di toko peralatan pancing. Gunanya disini adalah untuk melepaskan tali pancing dari tali layangan secara otomatis pada saat strike.

Teknik Mancing Dengan Layangan

Setelah peralatan pancing menggunakan layangan telah dipersiapkan, baik itu dengan menggunakan satu atau pun dua set piranti seperti yang telah diuraikan diatas, maka tiba saatnya kita untuk memancing. Carilah spot yang kecepatan anginnya bagus untuk bermain layang-layang agar kita bisa mengontrol pergerakan umpan dengan baik.

Sebelum memancing, periksa kembali terlebih dahulu peralatannya dan pastikan sudah tersusun dengan baik. Berikut adalah teknik mancing menggunakan layang-layang:

  • Terbangkan layang-layang yang sudah terhubung dengan mata kail baik dengan rangkaian dua piranti maupun satu piranti.
  • Atur dan kontrol ketinggian layangan dengan gerakan naik turun sehingga umpan terlihat seperti sedang melompat-lompat diatas permukaan air.
  • Jika umpan berhasil disambar (strike), sebaiknya free spool tali pancing dan biarkan target membawa lari umpan hingga dimakan seluruhnya sehingga kail cukup kuat menahan tarikan ikan.
  • Jika yang menyambar adalah ikan yang berparuh panjang, pastikan simpul sudah berhasil menjerat dengan kuat dan siap untuk ditarik.
  • Selamat bertarung dengan ikan buruan anda, semoga tidak lepas.

Demikianlah infomasi dari kami tentang Teknik Mancing Dengan Layang-Layang semoga menambah pengetahuan bagi sobat angler sekalian dan selamat menikmati sensasinya, salam joran melengkung.

Jangan lupa baca juga teknik mancing lainnya seperti:
Teknik Mancing Dasaran (Bottom Fishing)
Teknik Mancing Casting
Teknik Mancing Popping
Teknik Mancing Trolling
Teknik Mancing Jigging
Teknik Mancing Fly Fishing
Teknik Mancing Slow Jig
Teknik Mancing Pasiran

0 Response to "Rincian Lengkap Teknik Mancing Dengan Layang-Layang"

Posting Komentar