Cara Mancing Fly Fishing Dan Tips Mudahnya

Cara Mancing Fly Fishing Dan Tips Mudahnya : Dinamakan fly fishing karena memancing dengan cara ini menggunakan jenis umpan yang ringan mudah melayang seperti serangga dan hanya bisa di lempar jauh dengan bantuan senar pancing yang khusus dengan berat tertentu pula. Teknik memancing ini tidak kita jumpai di jenis teknik lainnya seperti Teknik Casting, Jigging, Trolling apalagi Teknik Mancing Dasaran blas ga ada sama sekali.

Awalnya mancing jenis ini hanya di peruntukkan memancing jenis ikan tertentu seperti ikan salmon dan ikan trout sehingga kurang sekali peminat mancing fly fishing di daerah asia terutama indonesia, namun lama kelamaan mulai populer karena apapun teknik mancingnya pasti bisa di gunakan mendapatkan jenis ikan lainya. Contohnya saja walaupun di awalnya mancing fly di peruntukkan untuk mancing ikan salmon dan trout ternyata di indonesia bisa juga untuk mendapatkan berbagai jenis ikan predator seperti tawes, toman, belanak dan lain sebagainya.

Teknik Mancing Fly Fishing

Pengenalan Fly Fishing

Teknik mancing Fly Fishing kini mulai dikenal di Indonesia, meskipun secara praktek baru dilakukan oleh pemancing tertentu. Pada awalnya teknik tersebut dikenal sebagai teknik untuk memancing ikan salmon dan ikan trout. Namun, tidak lantas berarti tidak bisa digunakan memancing jenis ikan lain. Di Indonesia sendiri teknik ini kerap digunakan untuk memancing ikan gabus, hampala, bawal, toman, pacu, dan lainnya.

Fly Fishing secara umum bisa diartikan sebagai cara casting yang dirasa begitu menantang. Pasalnya dibutuhkan penguasaan teknik khusus untuk bisa mempraktekkannya. Akan tetapi, tidak sulit dipelajari. Asal memahami sejumlah prinsip dasar dan rutin praktek. Fly Fishing dilakukan menggunakan umpan tiruan buatan yang dibentuk sedemikian rupa dari beberapa bahan seperti tali, kain, bulu, benang, lem perekat, dan pewarna.

Beda Fly Fishing dengan teknik lainnya yaitu umpan hanya bisa dilempar jauh menggunakan senar. Senar yang dimaksud pun bukan sembarang senar. Melainkan senar yang didesain khusus dan memiliki berat tertentu. Joran atau rod pada Fly Fishing akan melemparkan senar sehingga umpan terlontar dari senar ke titik yang diincar. Di sinilah keseruan cara mancing Fly Fishing.

Peralatan Utama Fly Fishing

Untuk mempraktekkan Fly Fishing Anda perlu membekali diri dengan peralatan yang dibutuhkan. Diantaranya rod, senar, dan ril. Jangan lupa umpan buatan. Tackle set Fly Fishing mempunyai sifat dan bentuk yang berbeda. Berikut uraian lebih lengkapnya:

Umpan Mancing Fly Fishing

Lure Fly Fishing

Umpan Buatan

Umpan yang digunakan merupakan umpan buatan tangan. Adapun bahan yang digunakan kail yang dihias aneka bahan ringan seperti kawat, lilitan benang, manik-manik, benang tenun, rambut, bulu, kain, atau lainnya. Umpan dibentuk hewan kecil menyerupai aneka bentuk serangga, cacing, kepompong, nimfa, atau pelet. Bentuk demikian ditujukan supaya saat dilempar dan dimainkan umpan bisa bergerak di permukaan air mirip gerakan serangga asli. Sehingga akan membuat ikan target tertarik lalu menyamber umpan yang dilempar.

Alat Pancing Fly Fishing

Rod atau Joran

Joran berfungsi untuk melempar benang pembawa umpan tepat pada sasaran. Alat ini bisa digunakan pula untuk mengubah posisi benang ketika sudah ada di permukaan. Sementara saat bertarung dengan ikan joran akan melindungi tippet. Joran yang digunakan pada cara mancing Fly Fishing relatif lebih panjang sekitar 3-6 meter. Selain itu, juga mempunyai satuan kekuatan yang dikenal wt atau weight antara 0-13 wt.

Ukuran 0-3 wt untuk memancing ikan kecil sejenis anakan hampala di perairan tenang tidak berangin besar seperti danau, rawa, atau sungai. Ukuran 4-7 wt untuk memancing ikan kecil hingga ikan sedang sejenis cendro kecil, selar, atau tawe di perairan dengan kecepatan angin kecil ataupun sedang. Sedangkan ukuran joran 8-13 wt untuk memancing ikan besar sejenis tarpon di perairan dengan angin besar seperti di lautan.

Senar

Dalam teknik mancing Fly Fishing secara umum ada 4 rangkaian senar. Mulai dari backing line (senar yang terikat dengan ril), fly line (senar utama), leader, dan trippet (senar paling ujung yang terkait dengan umpan). Keempat rangkaian tersebut tidak melulu harus terangkai lengkap. Misalnya saja untuk memancing ikan kecil di sungai sekiranya tidak begitu membutuhkan backing line.

Reel

Reel pada teknik Fly Fishing memiliki struktur sederhana dengan bentuk bulat. Meskipun demikian, bahan yang digunakan untuk membuat reel Fly Fishing pabrikan umumnya bahan yang berkualitas. Reel mesti disesuaikan dengan ukuran weight senar yang digunakan saat Anda mempraktekkan teknik mancing Fly Fishing.

Tips mudah untuk dapat mnguasai cara mancing dengan teknik fly fishing mnurut kami sama saja dengan teknik yang lainnya, yaitu rajin rajinlah latihan dan praktek langsung mancing, nanti setelah mendapatkan feelnya di jamin akan terasa jauh lebih nikmat dan mudah mengamalkan segala jenis teknik mancing.

Baca juga:
Teknik Mancing Popping Atau Cara Popping
Teknik Mancing Pasiran
Teknik Mancing Dengan Layang-Layang

Semoga Cara Mancing Fly Fishing Dan Tips Mudahnya ini dapat menjadi tambahan referensi teman teman pemancing sekalian, terimakasih telah membaca informasi ini, dan jangan lupa bantu bagikan pada teman teman angler lainnya bila dirasa info ini bermanfaat, terimakasih. Salam joran melengkung sampai patah.





0 Response to "Cara Mancing Fly Fishing Dan Tips Mudahnya"

Posting Komentar