Angler Sejati Harus Tau Teknik Mancing Pasiran Yang Ampuh

Teknik Mancing Pasiran Yang Ampuh : Memancing adalah kegiatan yang sangat menghibur terutama bagi yang memiliki hobi ini. Dalam memancing ini ada banyak teknik yang bisa digunakan untuk mendapatkan ikan dengan ukuran yang besar, karena biasanya semakin besar ukuran ikan maka semakin besar pula sensasi kenikmatan memancing ketika terjadi strike.

Sesuai dengan judul diatas, disini kita akan membahas mengenai teknik mancing pasiran atau yang dikenal dengan surf fishing. Sesuai dengan namanya, teknik mancing ini dilakukan dari tepi pantai dengan melempar umpan sejauh mungkin menggunakan joran yang ukurannya lebih panjang dari biasanya yaitu sekitar kurang lebih 4 meter.

Teknik Mancing Pasiran

Surf fishing ini alangkah baiknya dilakukan pada saat air pasang, karena pada saat itulah ikan-ikan mendekat ketepi untuk mencari mangsa. Dan spot yang tepat untuk melakukannya adalah di tepi pantai yang batas garis kedalamannya cukup dekat dengan bibir pantai, bisa diamati dengan melihat warna airnya yang biru menandakan air yang dalam dan berada cukup dekat dengan bibir pantai. Namun tetap berhati-hati terutama bagi pemancing yang tidak pandai berenang jangan sampai tercebur ke tempat yang airnya sudah biru itu ya, bisa fatal akibatnya.

PERALATAN YANG DIGUNAKAN
Sebelum melakukan surf fishing, sediakan dulu peralatan seperti yang diuraikan dibawah ini:
  • Reel
Gunakan reel spinning dengan ukuran besar yaitu antara 5000-10000 untuk jarak lemparan yang sempurna. Agar lebih maksimal gunakan rel khusus mancing pasiran yang mempunyai ukuran spool lebih panjang serta dangkal. Sedangkan untuk penggulungan senarnya agar tetap tertata rapi walaupun dengan jarak lemparan yang jauh, gunakan mekanisme wormshaft system.
  • Joran
Idealnya untuk ukuran panjang joran pada teknik mancing pasiran ini adalah sekitar 350-450 cm dengan tipe medium dan medium-fast agar bisa menyesuaikan dengan kondisi air yang bergelombang saat menarik ikan. Joran khusus untuk pasiran memiliki desain yang pangkalnya lebih panjang untuk memaksimalkan lontaran umpan hingga ke titik target. Bisa memilih model joran yang section atau yang teleskopik, sesuaikan dengan selera.
  • Senar
Untuk senar sebaiknya memilih multifilament atau PE untuk hasil lemparan yang terbaik dengan panjang senar diatas 200 meter dan diameter 0,28-0,40 mm. Gunakan leader agar senar tidak mudah putus.
  • Umpan
Umumnya umpan yang digunakan pada surf fishing adalah undur-undur atau cacing laut. Bisa juga menggunakan ikan hidup atau potongan ikan.
  • Timah
Gunakan timah pemberat yang disesuaikan dengan ketinggian gelombang, semakin besar gelombang maka timah yang digunakan pun juga semakin besar. Untuk bentuknya pilihlah timah pemberat yang berbentuk lonjong.
  • Mata Kail
Untuk mata kail yang digunakan pada teknik mancing pasiran ini bisa menyesuaikan dengan spot dan target. Bisa menggunakan 3-5 mata kail dengan rangkaian yang juga disesuaikan dengan kondisi.

Teknik Mancing Pasiran

Ada beberapa teknik yang bisa digunakan yakni:
  • Overhand
Posisi joran harus parallel dengan tanah dan sikut, pegang dengan kedua tangan angkat hingga beberapa derajat kebelakang. Tentukan titik dimana umpan akan dijatuhkan. Ayunkan joran sekuat tenaga kedepan dan jangan lupa lepaskan jepitan tangan pada senar
  • Side arm
Joran dipegang dengan kedua tangan dan berada disamping kanan atau samping kiri (bagi yang kidal). Ayunkan sekuat mungkin joran kedepan hingga umpan mendarat tepat ke titik yang diinginkan.
  • Berlari
Ambil jarak beberapa meter dari tepi pantai dan berlarilah sekencang-kencangnya. Ayunkan joran dari samping atau pun dari atas sekuat mungkin.

Cara Mancing Pasiran Surf Fishing

Itulah beberapa teknik yang bisa digunakan, dan untuk kenyamanan anda pilihlah lokasi pantai yang luas dan jauh dari pepohonan ataupun benda-benda yang bisa mengganggu lontaran umpan anda. Perhatikan pula keadaan disekitar sebelum melempar umpan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Sambil menunggu umpan disambar target, tancapkan joran di atas pasir dan amati pergerakannya. Joran yang bergerak karena arus gelombang laut biasanya bergerak dengan irama dan frekuensi yang stabil. Namun jika gerakannya tiba-tiba berubah menjadi tidak beraturan, maka anda harus bersiap-siap untuk memulai pertarungan dengan ikan yang sudah menyambar umpan anda. 

Demikianlah informasi tentang Teknik Mancing Pasiran semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat angler sekalian dan selamat mencobanya, salam joran melengkung.

Jangan lupa baca juga teknik mancing lainnya seperti:
Teknik Mancing Dasaran (Bottom Fishing)
Teknik Mancing Casting
Teknik Mancing Popping
Teknik Mancing Trolling
Teknik Mancing Jigging
Teknik Mancing Fly Fishing
Teknik Mancing Slow Jig
Teknik Mancing Dengan Layang-Layang


0 Response to "Angler Sejati Harus Tau Teknik Mancing Pasiran Yang Ampuh"

Posting Komentar