Slow Jig Teknik Mancing Yang Menggoda

Teknik Mancing Slow Jig mendadak populer di Indonesia. Apalagi pasca gambar dan video hasil tangkapan teknik Slow Jig super mantap yang menjadi viral di dunia maya. Sehingga banyak yang berminat untuk mencobanya.

Mancing dengan cara Slow Jig konon berasal dari negeri sakura Jepang. Namun, sebenarnya teknik ini merupakan salah satu teknik relative pada jigging. Dimana teknik Slow Jig dipraktekkan menggunakan rod atau joran sepadan yang ringan.

Cara Mancing Slow Jig

Jig
Jig yang digunakan pada jigging dipilih jig berbentuk oval. Jadi memang berbeda dengan jig kebanyakan yang berbentuk memanjang. Untuk beratnya, dipilih jig dengan titik berat di tengah-tengah jig yang mana cukup memberi pengaruh pada kinerja jig saat berada dalam air. Selain itu, dibutuhkan assit hook guna dipasang di kedua sisi atas dan bawah jig.

Teknik Mancing Slow Jig

Mengenai berat jig tidak bisa sembarang pilih. Berat jig sebaiknya disesuaikan dengan kondisi arus dan kekuatan batang yang digunakan. Saat melakukan cara mancing Slow Jig, presentasi jig begitu penting.

Rod dan Reel
Sementara itu, batang yang digunakan pada cara Slow Jig diambil dari kelas ringan. Meskipun target ikan sasaran merupakan ikan berukura besar. Hanya saja batang yang digunakan perlu distel dan disesuaikan dengan ril lebih dulu. Baik itu jenis ril horisontal ataupun BC. Tidak sulit mendapatkan batang dan ril yang cocok. Karena sekarang ini sudah banyak produk batang dan ril brandded yang bisa dipilih seperlu mempraktekkan cara Slow Jig.

Baca juga:
Teknik Mancing Pasiran
Teknik Mancing Dengan Layang-Layang

Rod yang umum digunakan diantarnya PE 1 - 3 atau PE 1 – 2. Untuk pemancing yang senang beradu kekuatan dengan ikan besar bisa memilih batang PE 4. Jenis batang tersebut dapat dipadukan dengan ril BC atau horisontal misalnya Ocean Conquest dan Ocean Jigger 1500HG. Bagi penggemar ril spinning bisa juga menggunakan spinning dengan kekuatan 2000 – 3000 series. Sementara senar utama yang bisa digunakan bisa dipilih baik berkekuatan 15 – 30 lb. Rod dengan spek lifting power prima sekiranya juga memiliki pengaruh besar terutama saat jig menggunakan teknik mancing Slow Jig.


Kelebihan Teknik Slow Jig

Kelebihan teknik Slow Jig yaitu tidak adanya batasan target jenis ikan yang bisa dipancing berdasar kedalaman tertentu. Baik itu ikan yang berada di dasar perairan ataupun jenis ikan yang kerap berenang berada ditengah-tengah bisa ditantang kekuatannya menggunakan teknik Slow Jig. Jenis ikan dasar laut yang biasa diburu diantaranya ikan snapper, kerapu, rubby, oil fish, giant travellu, dan lainnya. Ikan yang berenang di tengah-tengah mencakup marlin, tenggiri, yellowfin tuna, dan lain sebagainya. Sementara ikan yang berenang di atas lebih banyak lagi seperti tongkol, tenggiri, dan lainnya. Jadi memang teknik yang cukup efektif.

Teknik Slow Jig memang menguntungkan lantaran dapat digunakan untuk memancing berbagai jenis ikan. Hanya saja dibutuhkan stamina ekstra terutama saat menggunakan umpan jig ukuran besar. Terlebih saat mancing di arus yang kuat. Karenanya aktivitas memancing menggunakan teknik Slow Jig kerap pula dikategorikan olahraga yang membutuhkan tenaga dan stamina ekstra.

Ciri khas cara Slow Jig dibandingkan degan teknik relative jigging lainnya yaitu dalam sekali memompa joran dilakukan 2 kali menggulung ril. Penggunaan teknik Slow Jig untuk memancing terlihat semakin pesat di Indonesia. Banyak kalangan yang tertarik mencoba memancing dengan teknik Slow Jig. Efisiensi teknik memang menjadi nilai lebih yang menarik dari cara mancing Slow Jig.

Baca juga:
- Cara Mancing Fly Fishing Dan Tips Mudahnya

Semoga dengan adanya penjelasan kami di atas tentang Slow Jig Teknik Mancing Yang Menggoda dapat menambah referensi cara mancing teman teman angler sekalian, terimakasih telah berkunjung dan bantu kami bagikan artikel ini pada angler yang lain agar mereka juga mandapatkan informasinya terimakasih dan salam joran melengkung sampai patah.

Lihat video tentang bagaimana cara mancing slowjig di bawah ini.!


0 Response to "Slow Jig Teknik Mancing Yang Menggoda"

Posting Komentar