Teknik Atau Cara Mancing Casting

Mancing Casting adalah salah satu Teknik Mancing Ikan yang cukup populer di antara cara mancing lainnya yang sering kita dengar. Teknik ini sangat cocok bagi mereka yang aktif dan tidak suka terlalu lama menunggu ikan menyambar, seperti pada Teknik Mancing Dasaran Atau Bottom Fishing yang telah kita bahas di artikel sebelumnya. Jangan salah tanggap ya, bukan berarti dengan menggunakan cara casting lalu anda akan lebih cepat mendapatkan ikan. Yang membuat beda hanya lebih santai dan lebih aktif.

Casting, salah satu teknik mancing yang caranya mengayun atau melempar umpan palsu / tiruan secara berulang pada titik atau target lokasi ikan, umpan tiruan yang di gunakan bisa yang soft lure ataupun hard lure, lalu bagaimana yang menggunakan umpan asli.? apakah tetap di sebut dengan casting?. Jawabannya adalah benar dan tetap di sebut dengan teknik mancing casting, hanya saja penggunaan umpan asli untuk mancing casting memiliki banyak kelemahn terutama pada umpann yang cepat hancur, aksinya / action sulit untuk di atur dan lain lain.

Cara Mancing Casting

Teknik Atau Cara Mancing Casting pada dasarnya terpecah menjadi 3 aksi yaitu 1. Overhand ( melempar dari atas ke arah spot target ) 2. Side Arm ( melempar pancing dari arah sisi / samping ke arah spot target ) 3. Underhand ( melempar pancing dari arah bawah tangan ), sebaiknya mulailah berlatih dengan 3 teknik di atas karena akan sangat berguna nantinya di lapangan dengan kondisi sulit.

Baca juga:
Teknik Mancing Jigging
Mancing Fly Fishing
Teknik Mancing SlowJig Yang Menggoda
Teknik Mancing Pasiran
Teknik Mancing Dengan Layang-Layang

Keakuratan lemparan pada titik target sangat berpengaruh untuk mendapatkan Strike atau Hook Up, hal ini cukup penting dan dominan bila spot mancing yang ada dengan kodisi sulit banyak penghalang sempit dan lain lain, kurang berlaku bila casting di area lapang dan tidak ada penghalang. Bila lemparan anda tidak tepat maka kemungkinan akan membuat lure tersangkut. Dalam hal ini mancing casting membutuhkan banyak latihan untuk mampu menguasai tekniknya, kalau tidak siap siap aja pemborosan :-p.

Retrieve atau menggulung juga termasuk teknik dasar casting yang harus benar benar anda kuasai karena akan berpengaruh pada gerakan umpan / lure yang telah anda lempar nantinya, semakin natural gerakan lure maka akan semakin membuat ikan target tertarik untuk menyambarnya dan menghasilkan strike. Ingat.! beda ikan beda teknik retrievenya walau itu tidak terlalu signifikan namun cukup berpengaruh. Berikut 5 teknik retrieve yang perlu anda ketahui:

  1. Slow Retrieve : menggulung reel dengan santai tidak terlalu lambat tidak juga terlalu cepat namun konsisten sehingga lure terlihat bergerak secara alami.
  2. Fast Retrieve : Menggulung reel dengan cepat dan konsisten
  3. Reel In Stop And Go : untuk teknik yang satu ini adalah hasil dari kombinasi 2 teknik di atas, slow dn fast retrieve, alurnya begini ( bisa di bolak balik terserah angler ), gulung perlahan - gulung cepat- berhenti - sentak joran perlahan dan ulangi alurnya.
  4. Retrieve menggunakan mini popper : disini lure / umpan yang di pakai berjenis popper versi mini oleh sebab itu di beri nama mini popper. Teknik ini melempar lure setelah tiba di air tunggu hingga posisi lure seimbang lalu gulung reel hingga tali pancing mengencang, kemudian berhentilah menggulung dan sentakkan joran dengan cepat dan santai lalu gulung lagi, ulangi higga menghasilkan strike.
  5. Walk The Dog (WTD) : di berikan nama ini karena di lihat dari kondisi lure yang bergerak melenggok seperti anjing yang sedang di pandu oleh majikannya menggunakan tali. Untuk mendapatkan kondisi lure begini anda bisa menggunakan lure jenis top water seperti Pencil dan StickBait.
Banyaklah berlatih dan sering seringlah mancing agar mendapatkan passion mancing yang di sukai dengan begitu segala teori akan menjadi aksi yang memukau. Tidak seperti mancing dasaran, mancing casting anda harus mempersiapkan piranti sebelum turun kelapangan untuk mancing seperti Joran casting, senar, dan umpan. Perbedaan joran casting dengan jenis joran lainnya terletak pada beratnya, joran casting jauh lebih ringan namun tangguh di banding jenis joran yang lain.

Mancing dengan cara casting selain termasuk dalam bidang olahraga ianya juga dapat membantu kita dalam melatih ketajaman insting dan akurasi bidikan, nah bagi kalian pemacing casting terulah berlatih dan dapatkan ikan target yang monster seperti barramundi, kakap dan lainnya.

Semoga tulisan kami ini tentang Teknik Atau Cara Mancing Casting dapat menambah pengetahuan para pemancing pemula sekalian. Bila di rasa bermanfaat bantulah dengan membagikan tulisan ini pada teman yang lain agar mereka juga mendapatkan manfaatnya, terimakasih dan salam joran melengkung sampai patah. Baca juga Teknik Mancing Popping Atau Cara Popping dan Cara Mancing Trolling.

0 Response to "Teknik Atau Cara Mancing Casting"

Posting Komentar