Cara Atau Teknik Mancing Jigging

Cara Atau Teknik Mancing Jigging adalah salah satu cara mancing dari sekian banyak teknik mancing yang ada atau pernah di gunakan oleh para pemancing di seluruh dunia terutama di Indonesia raya ini. Teknik ini semakin populer karena unsur olahraganya sangat kental untuk pelaku mancing itu sendiri tidak jauh berbeda dengan Mancing Casting, Mancing Popping dan teknik mancing yang lainnya.

Teknik mancing ini di ciptakan oleh Bjarne Zachrianssen di sungai Vevevassdraget bersama teman temannya, ia berasal dari Norwegia tepatnya di kota Skien pada tahun 1920 an, pada waktu itu ia mencoba mancing dengan menggunakan umpan tiruan yang berbahan metal atau besi dengan bentuk plat mini berwarna keperakan dan ternyata umpannya tersebut di sambar ikan dan sejak itu mereka mencoba memproduksi jenis lure ini.

Cara Mancing Jigging

Mancing jigging adalah salah satu teknik mancing yang di modifikasi dari Teknik Mancing Dasaran yang mana di buat lebih variatif dan aktif karena si pemancing harus aktif memompa joran dan reelnya secara vertikal dan berulang ulang sampai ikan menyambar umpan jig yang menari di dalam air. Bagi anda yang memiliki kondisi tubuh yang kurang fit sangat tidak di anjurkan memancing menggunakan teknik ini karena di jamin akan cepat merasa lelah dan otot pegal pegal, namun bila ngotot ingin mencobanya saran kami coba terlebih dahulu Teknik Mancing Slow Jig yang sedikit lebih ringan dan tidak terlalu menguras tenaga ( dalam arti tidak Strike / Hook Up / Fish On ).

Piranti Untuk Mancing Jigging


Piranti atau peralatan yang perlu di siapkan untuk anda yang ingin mancing jigging adalah sebagai berikut:

Umpan Metal Jig : sebaiknya di sesuaikan dengan kemampuan joran yang di pakai, kedalaman lokasi spot mancing serta kekuatan arus di lokasi spot. Warna untuk lure tidaklah begitu berpengarus namun sangat di anjurkan mengunakan lure dengan warna yang cerah dan berkilau ( fluorescence ).

Jenis Umpan Jigging

Adapun jenis reel yang di pakai untuk mancing jigging kebanyakan jenis spinning dengan ratio yang rendah agar si pemancing tidak cepat lelah, merasa berat ketika menggulung reel dan keberatan saat fight dengan ikan. Untuk pengunaan reel jenis baitcasting ( BC ) maka berlawan dengan reel jenis spinning karena diameter spool yang kecil dan tangkai handle joran yang pendek olehsebab itu butuh gear ratio yang tinggi agar aksi lure lebih natural.

Sedangkan senar pancing sangat di anjurkan menggunakan jenis braided ( PE ) dengan ukuran kecil namun kuat, hal ini juga mendukung aksi lure terlihat natural di dalam air. Untuk jenis jorannya tidaklah ada patokan baku untuk mancing jenis ini bukan seperti Teknik Mancing Trolling yang harus menggunakan joran jenis trolling. Ukuran panjang joran yang umum untuk mancing jigging adalah 5 hingga 10 feet namun semakin panjang joran yang di gunakan akan membuat semakin baik aksi umpan di dalam air namun akan semakin membuat tenaga terkuras ketika memainkan lure ataupun fight dengan ikan monster. Joran pendek dapat menghemat tenaga dan mempermudah dalam fight dengan ikan bandel.

Baca juga:
Cara Pasang Umpan Untuk Mancing
Teknik Mancing Fly Fishing
Teknik Mancing SlowJig Yang Menggoda
Teknik Mancing Pasiran
Teknik Mancing Dengan Layang-Layang

Umumnya dalam jigging di gunakan Shock Leader Monofilament berukuran 1,5 hingga 2 kali kekuatan senar induk ( main line ) dengan panjang 18 hingga 30 feet, tujuannya untuk mengurangi efek gesekan pada karang maupun bodi kapal yang menyebabkan putus, mempermudah kerja crew atau wireman dalam mengangkat ikan dan mengurangi beban saat fight.

Kili kili dan split ring berfungsi untuk mengatasi senar melintir dan mempermudah pemancing untuk mengganti lure tanpa memotong senar pancingnya.

Cara Jigging


Cara beraksi dalam Teknik Mancing ini tidaklah terlalu baku namun ada 3 teknik dasar yang perlu anda ketahui karena semakin banyak aksi yang di gunakan maka akan semakin besar kemungkinan anda untuk strike karena ketika menargetkan ikan yang sama namun kondisi air dan arus yang berbeda maka akan berbeda pula teknik yang di pakai dari yang sebelumya.

Fast Jerking adalah teknik jigging 1 : 1 yang berarti 1 kali angkat joran dan 1 kali menggulung reel, sedangkan Slow Jerking 1 : 2 dengan arti 1 kali angkat joran 2 kali menggulung reel, yang terakhir adalah Long Jerking berarti 1 : 3 sekali angkat joran 3 kali menggulung reel.

Demikianlah Cara Atau Teknik Mancing Jigging yang dapat kami informasikan, ingatlah teknik ini akan tetap menjadi teori usang bila tidak di praktekan secara langsung di lapangan karena pengalaman adalah guru terbaik dari semua ilmu teori yang ada, jadi tetaplah mancing dan dapatkan sensasi strike yang bervariasi dari berbagai jenis teknik mancing yang telah kami infokan. Jangan lupa untuk berbagi pada pemancing lainnya dan selalu bersahabat, salam joran melengkung sampai patah.

0 Response to "Cara Atau Teknik Mancing Jigging"

Posting Komentar